MySQL


1.     MySQL
MySQL merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data yang multithread, multi-user, sifatnya yang open source ini yang membuatnya sangat populer.
Tiga prioritas database MySQL :
·         Reliability
·         Performance – Performa yang tinggi dan responnya cepat untuk semua database yang saling terkait.
·         Ease-of-Use – Instalasi dan konfigurasi pada MySQL tidak lebih dari 15 menit.

Beberapa keunggulan MySQL dibandingkan dengan database lainnya yaitu :
a.       MySQL dapat bekerja dibeberapa platform yang berbeda seperti LINUX, Windows, MacOS, dll.
b.      MySQL dapat dikoneksikan dengan bahasa pemrograman C, C++, Java, Perl, PHP, dan Phyton.
c.       Fitur-fitur yang dimiliki oleh MySQL biasanya banyak dibutuhkan dalam aplikasi Web. Misalnya, klausa Limit SQL-nya, praktis untuk melakukan paging. Atau jenis indeks field FullText, untuk full text searching. Atau sebutlah kekayaaan fungsi-fungsi builtinnya, mulai dari memformat dan memanipulasi tanggal, mengolah string, regex, enkripsi dan hashing. Yang terakhir misalnya, praktis untuk melakukan penyimpanan password anggota situs.
d.      Dengan overhead koneksi yang rendah, MySQL cocok bekerja dengan aplikasi CGI, di mana di setiap request skrip akan melakukan koneksi, mengirimkan satu atau lebih perintah SQL, lalu memutuskan koneksi lagi.
e.      MySQL memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, Float, Double, Char, Varchar, Text, Blob, Date, Time, Datetime, Timestamp, Year, Set dan tipe Enum.
f.        Mendukung penuh terhadap kalimat SQL Group By dan Order By. Mendukung terhadap fungsi penuh ( Count ( ),Count (Distinct), Avg ( ), Std ( ), Sum ( ), Max ( ) And Min ( ) ), Left Outher Join dengan ANSI SQL dan sintak ODBC, sehingga kita dapat menggunakan Access untuk terhubung ke MySQL server.
g.       Dengan MySQL kita juga dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.