'Rumah Pintar' Semakin Ngetop

Tren rumah masa kini cenderung makin 'pintar'. Dijuluki demikian karena berbagai jenis teknologi mulai menjejali ruangan di dalam rumah plus keberadaan jaringan internet Wi-Fi, untuk memudahkan akses pada dunia maya.

Beberapa keluarga rela memborong komputer tablet, smartphone, konsol game, sampai televisi pintar yang tidak cuma bisa untuk nonton, tapi juga mengakses internet. Untuk memudahkan akses internet ini pula, perangkat router jadi pelengkap 'rumah pintar'.

"Kian banyak rumah tangga punya perangkat elektronik berkemampuan Wi-Fi. Dari smartphone, televisi pintar sampai tablet. Maka perlu router berkecepatan tinggi untuk mendukungnya," tutur Boon Ping Tan, Regional Sales Director Cisco Consumer Product Asia di Jakarta, Kamis (5/5/2011).
Memang untuk memudahkan keluarga dalam soal akses internet, perangkat wireless router dirasa perlu. Dengan jangkauan internet nirkabel luas dan cepat di rumah, seluruh anggota keluarga diharapkan lebih mudah beraktivitas di perangkat masing-masing.

Misalnya sang anak memakai tablet di kamar tidur, ayah mengerjakan tugas di laptop dan ibu nonton televisi pintar, semuanya dapat terhubung dengan jaringan Wi Fi via router.

Boon Ping Tan mengungkap prediksi kalau perangkat elektronik consumer dengan kemampuan akses internet akan banyak diborong rumah tangga. Di tahun 2015, sebanyak 712 juta unit perangkat tersebut diperkirakan dibeli kalangan rumah tangga.

Sedangkan menurut data IDC, pengiriman router wireless N diperkirakan meningkat 158% pada periede 2010-2014. Kemudian rumah yang dilengkapi dengan jaringan yang mendukung multimedia via router ini akan tumbuh 103% pada periode yang sama.