DITEMUKAN ULAR JELMAAN PUTRI DI LAMONGAN

Lamongan - Marto (60) warga Kecamatan Sugio, Lamongan, Jawa Timur menemukan seekor ular sanca sepanjang tiga meter di lokasi tempat pemujaan leluhurnya. Konon ular sanca itu merupakan jelmaan seorang putri kerajaan jaman dahulu.

Ular jenis sanca itu ditemukan Marto di atas sebuah pohon di area komplek pemujaan leluhur Marto yang berada tidak jauh dari rumahnya di Kecamatan Sagio, Lamongan. Ular berjenis kelamin betina itu memiliki corak kembang berwarna agak kehijau-hijauan.

Menurut cerita Marto, ular sana itu ditemukannya setelah sehari sebelumnya di bermimpi bertemu dengan seorang kakek berperawakan tinggi. Dalam mimpinya, Marto ditugaskan sang kakek untuk mengambil ular dan harus merawatnya. "Saya nggak tahu itu siapa, tapi saya rasa itu leluhur saya," katanya.

Usai menerima mimpi, Marto bergegas menuju ke komplek pemujaan leluhurnya. Dan benar saja, di atas pohon ditemukannya seekor ular sanca. "Saya naik lalu saya ambil tapi anehnya ular tidak melawan malah seperti manja," katanya.

Marto meyakini ular itu adalah jelmaan putri cantik pada jaman kerajaan. "Sesuai pentunjuk mimpi saya yakin itu jelmaan putri," katanya.

Untuk melaksanakan amanat mimpi, Marto harus merelakan merogoh uang untuk membeli seekor ayam setiap harinya untul diberikan ke si ular. Dan lagi-lagi aneh, ular itu tidak mau memakan ayam yang memiliki kelainan fisik dan ayam sakit. "Dia nggak akan mau makan ayam yang cacat. Saya juga heran kenapa dia tahu ayam itu cacat," katanya.

Dan lagi-lagi sesuai amanat dalam mimpi, Marto berjanji tidak akan menjual si ular ke siapapun dengan harga berapapun. "Ini pesan leluhur, jadi saya harus taati," katanya.

Ular sanca yang ditemukan Marto ternyata menarik minat warga untuk melihatnya. Tak jarang lebih dari dua puluh warga dari berbagai wilayah datang ke rumah Marto hanya untuk sekedar ingin tahu.