Alasan Pria Lupa Tanggal Anniversary

Bagi sebagian orang terutama wanita, ada hari atau tanggal yang dianggap penting. Misalnya hari ulang tahun, hari jadian atau tanggal pernikahan. Tapi momen penting itu justru sering dilupakan kaum pria. Apa penyebabnya?

Seperti yang dikutip dari times of india, sebuah survei mengungkapkan bahwa setengah dari pria yang menikah tidak mengetahui tanggal pernikahannya. Selain itu, penelitian dari perusahaan asuransi Sheilas' Wheels menemukan satu dari lima wanita membeli bunga untuk diri mereka sendiri daripada harus menunggu pasangan mereka yang memberikan.

Seperti yang dikutip dari freerepublic, hal ini disebabkan otak pria tidak memiliki fungsi yang sama seperti halnya otak wanita. Pria tidak dilahirkan untuk bisa mengingat hal-hal emosional seperti hari ulang tahun, hari jadian atau tanggal pernikahan.
Para peneliti dari Institute of Psychiatry, King's College London telah menemukan bahwa pria menggunakan gen yang berbeda dengan wanita saat membuat koneksi baru dalam otak yang dibutuhkan untuk menciptakan kenangan jangka panjang. Hal ini menjelaskan mengapa pria jauh lebih baik mengingat kenangan 'taktis' seperti arah perjalanan atau hal-hal sepele lainnya, sedangkan wanita lebih kepada kenangan 'memori' seperti hari ulang tahun dan tanggal perkawinan.

"Ini tidak seperti yang diharapkan bahwa ada semacam perbedaan dalam suatu spesies, tapi kita haris ingat bahwa pria dan wanita memiliki tingkat gen yang jauh berbeda seperti pria memiliki kromosom X dan Y sementara wanita memiliki dua kromosom X. Bisa dibayangkan bahwa perbedaan yang kami temukan menjelaskan cara kenangan pria dan wanita bekerja dengan cara yang berbeda," ujar Professor Peter Giese, pemimpin penelitian.